Multiedia untuk pembelajaran
Multimedia merupakan
suatu gabungan antara teks, gambar, grafis, animasi, audio dan video, serta
cara penyampaian interaktif sehingga dapat membuat suatu pengalaman belajar
bagi mahasiswa seperti dalam kehidupan nyata disekitarnya. Multimedia dapat
berfungsi menjadi sebuah sistem karena merupakan sekumpulan objek yang
berhubungan dan bekerjasama untuk menghasilkan suatu hasil yang diinginkan.
Didalam penggunaan
multimedia memerlukan hardware (perangkat keras) yang berfungsi untuk
memfasilitasi penyampaian materi dan software (perangkat lunak) yang berisi
program- program yang akan disampaikan. Selain itu dapat pula melibatkan
alat-alat lain yang menunjang sistem multimedia tersebut agar mendapatkan
penyajian audiovisual yang penuh. Multimedia memungkinkan pemakai komputer
untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih kaya dari pada media
konvensional. Multimedia melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak.
Istilah multimedia identik dengan komputer multimedia, yaitu 23 komputer yang
memiliki kemampuan olah data. Olah kata, olah gambar, dan olah gerak di mana
masing- masing unsur tersebut saling melengkapi, menunjang, dan saling
membantu. Sedangkan pembelajaran dapat diartikan sebagai proses penciptaan
lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam
pengertian aktifitas mental mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan
sehingga menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relative berkelanjutan.
Dengan demikian multimedia pembelajaran merupakan aplikasi multimedia yang
digunakan dalam proses pembelajaran dalam menyalurkan pesan (pengetahuan,
keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemauan belajar sehingga proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.
Program pembelajaran
multimedia dipilih dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah sebuah
putusan yang tepat. Proses pemilihan harus didasarkan atas
pertimbangan-pertimbangan tertentu. kriteria kualitas multimedia dapat dilihat
dari tiga aspek yang meliputi: aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek
media. Aspekaspek tersebut dalam mengembangkan multimedia tidak dapat
dipisahkan satu dengan yang lainnya karena merupakan satu kesatuan yang
mendukung. Multimedia dalam proses belajar mengajar dapat digunakan dalam tiga
fungsi:
1. multimedia dapat berfungsi sebagai
alat bantu instruksional
2. multimedia dapat berfungsi sebagai
tutorial interaktif, misalnya dalam simulasi
3. multimedia dapat berfungsi sebagai
sumber petunjuk belajar, misalnya, multimedia digunakan untuk menyimpan
serangkaian slide mikroskop atau radiograf.
sistem multimedia mempunyai beberapa
keuntungan, yaitu:
1. mengurangi waktu dan ruang yang
digunakan untuk menyimpan dan menampilkan dokumen dalam bentuk elektronik dibanding
dalam bentuk kertas
2. meningkatkan produktivitas dengan
menghindari file
3. memberi akses dokumen dalam waktu
yang bersamaan dan ditampilkan dalam layar
4. memberi informasi multidimensi dalam
organisasi
5. menguangi waktu dan biaya dalam
pembuatan foto
6. memberikan fasilitas kecepatan
informasi yang diperlukan dengan interaksi visual.
Selain itu, manfaat multimedia adalah
memungkinkan dialog, meningkatkan kreativitas, memfasilitasi kalaborasi,
memperkaya pengalaman, dan meningkatkan keterampilan. Multimedia dalam
pembelajaran dapat memberikan jawaban atas suatu bentuk pembelajaran yang
menggunakan pendekatan secara tradisional dimana pendekatan tersebut cenderung
teacher centered dan kurang interaktif. keuntungan lain dari penggunaan
komputer dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi hasil belajar
dengan biaya yang relatif kecil. Produk multimedia pembelajaran dapat membantu
meningkatkan motivasi belajar dan mempermudah mahasiswa dalam menyerap materi.
Mata kuliah pengembangan
E-Learning Berbasis Web. Selain sebagai optimalisasi penggunaan media
multimedia dalam pembelajaran dan menciptakan suasana perkuliahan yang menarik
dan menyenangkan, kompetensi belajar yang jelas dan terarah, dan situasi kelas
yang hidup, sehingga dapat membantu dan mempercepat penguasaan materi dan
pencapaian kompetensi yang diharapkan, dan serta membantu mahasiswa untuk
belajar secara mandiri di luar proses perkuliahan. Secara umum mata kuliah
Pengembangan E-Learning Berbasis Web bertujuan agar mahasiswa mampu
memanfaatkan, merekayasa, dan mengembangkan media pembelajaran untuk mewujudkan
pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Materi yang ada
mata kuliah ini terdiri dari materi yang sifatnya teoritis dan materi yang sifatnya
praktis. Pemanfaatan multimedia dalam mata kuliah ini dirasa sangat penting dan
bermanfaat dilaksanakan agar nantinya proses pembelajaran lebih efektif. Dalam
pembelajaran efektif dan bermakna mahasiswa perlu dilibatkan secara aktif,
karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran dan pembentukan
kompetensi. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yang diyakini mampu
meningkatkan efektifitas pembelajaran yang diharapkan dapat merangsang upaya
kreatif dosen untuk memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Selain dapat
mempermudah proses belajar, memperjelas materi pembelajaran karena dapat
menghadirkan contoh konkret melalui media, mampu memfasilitasi interaksi dengan
mahasiswa, pemanfaatan teknologi juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Dipilihnya multimedia
pembelajaran diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang
ada dalam proses pembelajaran seperti keterbatasan waktu dalam menyampaikan
materi. Pemanfaatan multimedia pembelajaran tidak hanya bersifat sekedar
suplemen atau bagian yang tidak bermakna dalam pembelajaran namun pemanfaatan
multimedia diharapkan mampu memberdayakan mahasiswa, yaitu mendorong tumbuhnya
keterampilan belajar mandiri, keterampilan bernalar, mampu meningkatkan
keaktifan mahasiswa, dan juga keterampilan memanfaatkan berbagai sumber
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar