Sabtu, 29 Oktober 2016

pembelajaran

Multiedia untuk pembelajaran
Multimedia merupakan suatu gabungan antara teks, gambar, grafis, animasi, audio dan video, serta cara penyampaian interaktif sehingga dapat membuat suatu pengalaman belajar bagi mahasiswa seperti dalam kehidupan nyata disekitarnya. Multimedia dapat berfungsi menjadi sebuah sistem karena merupakan sekumpulan objek yang berhubungan dan bekerjasama untuk menghasilkan suatu hasil yang diinginkan.
Didalam penggunaan multimedia memerlukan hardware (perangkat keras) yang berfungsi untuk memfasilitasi penyampaian materi dan software (perangkat lunak) yang berisi program- program yang akan disampaikan. Selain itu dapat pula melibatkan alat-alat lain yang menunjang sistem multimedia tersebut agar mendapatkan penyajian audiovisual yang penuh. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih kaya dari pada media konvensional. Multimedia melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak. Istilah multimedia identik dengan komputer multimedia, yaitu 23 komputer yang memiliki kemampuan olah data. Olah kata, olah gambar, dan olah gerak di mana masing- masing unsur tersebut saling melengkapi, menunjang, dan saling membantu. Sedangkan pembelajaran dapat diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sehingga menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relative berkelanjutan. Dengan demikian multimedia pembelajaran merupakan aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan belajar sehingga proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.
Program pembelajaran multimedia dipilih dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah sebuah putusan yang tepat. Proses pemilihan harus didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. kriteria kualitas multimedia dapat dilihat dari tiga aspek yang meliputi: aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media. Aspekaspek tersebut dalam mengembangkan multimedia tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya karena merupakan satu kesatuan yang mendukung. Multimedia dalam proses belajar mengajar dapat digunakan dalam tiga fungsi:
1.      multimedia dapat berfungsi sebagai alat bantu instruksional
2.      multimedia dapat berfungsi sebagai tutorial interaktif, misalnya dalam simulasi
3.      multimedia dapat berfungsi sebagai sumber petunjuk belajar, misalnya, multimedia digunakan untuk menyimpan serangkaian slide mikroskop atau radiograf.
sistem multimedia mempunyai beberapa keuntungan, yaitu:
1.      mengurangi waktu dan ruang yang digunakan untuk menyimpan dan menampilkan dokumen dalam bentuk elektronik dibanding dalam bentuk kertas
2.      meningkatkan produktivitas dengan menghindari file
3.      memberi akses dokumen dalam waktu yang bersamaan dan ditampilkan dalam layar
4.      memberi informasi multidimensi dalam organisasi
5.      menguangi waktu dan biaya dalam pembuatan foto
6.      memberikan fasilitas kecepatan informasi yang diperlukan dengan interaksi visual.
Selain itu, manfaat multimedia adalah memungkinkan dialog, meningkatkan kreativitas, memfasilitasi kalaborasi, memperkaya pengalaman, dan meningkatkan keterampilan. Multimedia dalam pembelajaran dapat memberikan jawaban atas suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan pendekatan secara tradisional dimana pendekatan tersebut cenderung teacher centered dan kurang interaktif. keuntungan lain dari penggunaan komputer dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dengan biaya yang relatif kecil. Produk multimedia pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi belajar dan mempermudah mahasiswa dalam menyerap materi.
Mata kuliah pengembangan E-Learning Berbasis Web. Selain sebagai optimalisasi penggunaan media multimedia dalam pembelajaran dan menciptakan suasana perkuliahan yang menarik dan menyenangkan, kompetensi belajar yang jelas dan terarah, dan situasi kelas yang hidup, sehingga dapat membantu dan mempercepat penguasaan materi dan pencapaian kompetensi yang diharapkan, dan serta membantu mahasiswa untuk belajar secara mandiri di luar proses perkuliahan. Secara umum mata kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web bertujuan agar mahasiswa mampu memanfaatkan, merekayasa, dan mengembangkan media pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Materi yang ada mata kuliah ini terdiri dari materi yang sifatnya teoritis dan materi yang sifatnya praktis. Pemanfaatan multimedia dalam mata kuliah ini dirasa sangat penting dan bermanfaat dilaksanakan agar nantinya proses pembelajaran lebih efektif. Dalam pembelajaran efektif dan bermakna mahasiswa perlu dilibatkan secara aktif, karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran yang diharapkan dapat merangsang upaya kreatif dosen untuk memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Selain dapat mempermudah proses belajar, memperjelas materi pembelajaran karena dapat menghadirkan contoh konkret melalui media, mampu memfasilitasi interaksi dengan mahasiswa, pemanfaatan teknologi juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Dipilihnya multimedia pembelajaran diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran seperti keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi. Pemanfaatan multimedia pembelajaran tidak hanya bersifat sekedar suplemen atau bagian yang tidak bermakna dalam pembelajaran namun pemanfaatan multimedia diharapkan mampu memberdayakan mahasiswa, yaitu mendorong tumbuhnya keterampilan belajar mandiri, keterampilan bernalar, mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa, dan juga keterampilan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar