Sabtu, 29 Oktober 2016

MEMASUKKAN GRAFIK KE WORD

BAB.I.

PENDAHULUAN


Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya. Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, office 2013 dan office 2016.
Pada saat bekerja kita pasti pernah mempunyai tugas untuk membuat sebuah grafik dari sebuah penelitian tertentu, misalkan grafik penjualan, grafik jumlah penduduk maupun grafik yang lain. Grafik merupakan salah satu cara untuk mempermudah pembacaa sebuah data pengganti dari kata-kata yang bertele-tele. Dengan membuat grafik pada dokumen seseorang akan lebih faham atas data yang diperolehnya baik perminggu, bulan atau bahkan tahun. Grafik sendiri dapat disebut sebagai bagan, diagram atau chart. Model atau bentuk grafik yang disajikan sangat banyak pilihan, mulai dari garis, batang, lingkaran dan masih banyak lagi, terlebih lagi terdapat bentuk grafik 3 dimensi yang membuat tampilan grafik lebih terlihat nyata. Sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam melihat dan memahaminya.Meski bermacam-macam bentuk grafik, tapi cara membuat grafik tetap sama.
Namun, seperti yang kita ketahui model grafik batang adalah yang paling banyak digunakan untuk menjelaskan sebuah data, karena model grafik batang bentuknya sangat sederhana dan simpel sehingga sangat mudah membacanya dan karena umum digunakan maka semua orang pasti bisa membaca grafik model batang ini.
Lalu bagaimana cara membuat grafik pada Ms. Office Word ? Untuk para pemula pasti masih kebingungan dalam membuat grafik. Oleh sebab itu, saya akan bahas bagaimana cara mebuat grafik untuk Anda.

BAB.II.

PEMBAHASAN


Grafik adalah penampakan secara visual dari sebuah data. Grafik digunakan untuk melihat perbandingan, pola, dan trend (kecenderungan) kurva dari data. Grafik dapat pula digunakan untuk membandingkan hasil penjualan di pasar dengan target yang ingin diraih, serta memperkirakan kemungkinan nilai hasil penjualan yang bisa diraih di masa yang akan datang. Pembuatan Grafik menggunakan Excel 2007 lebih praktis, cepat dan mudah dengan melalui Group Charts. Grafik yang dibuat dapat diletakkan pada sheet tertentu atau meletakkannya pada sheet yang sama dengan data. Kita juga dapat mempublikasikan grafik dalam bentuk halaman web. Untuk membuat sebuah grafik, data terlebih dahulu harus tersedia pada suatu worksheet. Inti dari grafik ialah adanya absis sumbu x/horisontal dan sumbu y/vertikal. Jadi untuk bisa menggambar grafik dari suatu tabel, harus ada suatu kolom dari tabel itu data‐  datanya diletakkan di sumbu x dan ada suatu kolom yang data‐datanya diletakkan pada sumbu y.

Langkah yang digunakan untuk membuat grafik adalah :
1)      Buat data yang akan ditampilkan grafiknya/ buka file yang telah berisi data yang akan ditampilkan grafiknya
2)      Sorot area data yang akan dibuat grafik
3)      Klik tab insert > pada group chart > pilih salah satu jenis chart/ more untuk create chart
4)      Chart akan tampil > setelah chart tampil, maka akan muncul toolbar chart tools
5)      Chart tools digunakan untuk mengubah area data (tab design > data > select data), mengubah bentuk chart dan tipe chart (tab design > type), merubah chart style yang telah ditampilkan (tab design > chart styles), menambahkan judul grafik, legend (tab layout > label), menganalisa (tab layout > analysis), memberikan warna, efek, dan border (pada tab format).

Untuk lebih detailnya bisa lihat langkah berikut:
1.      Buka lembar kerja ms word anda
2.      Klik insert pada menubar, kemudian pada group illustrations pilih chart.
3.      Selanjutnya akan muncul jendela insert chart. Pada jendela ini kita bisa memilih char atau grafik sesuai dengan tampilan atau bentuk yang kita inginkan. Misalkan kita ingin chart berupa garis, lingkaran, kolom dan lain-lain.
4.      Selanjutnya pilih chart sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa memilih template chart pda sidebar sebelah kiri, kemudian pilih model chart pada kolom bagian kanan.
5.      Selanjutnya klik OK.
6.      Setelah kita klik OK maka akan muncul chart pada lembar kerja microsoft word kita, bersamaan dengan itu juga muncul lembar kerja baru yaitu Microsoft excel.
7.      untuk melakukan perubahan data, edit data pada lembar kerja microsoft excel.

Untuk memasukkan judul dan label lakukanlah langkah berikut.
1.       Dari judul toolbar klik chart, pilih chart option, maka akan muncul beberapa pilihan menu
2.       Klik chart title untuk memasukkan judul grafik
3.       Klik category (X) axisi yaitu untuk nama di sumbu X
4.       Klik category (Y) axis yaitu untuk nama di sumbu Y
5.       Kemudian tekan esc, maka grafik yang kita inginkan sudah selesai dibuat.
Untuk mengganti type grafik ikuti langkah berikut:
1.       Klik dua kali pada area grafik
2.       Berarti grafik dalam kondisi aktif dan siap untuk diadakan perubahan
3.       Klik chart pada toolbar, maka akan muncul pilihan jenis atau type grafik
4.       Pilihlah grafik yang diinginkan
5.       Tekan OK dan lihat hasilnya.

 



BAB.III.

PENUTUP


Microsoft office word merupakan tools buatan Microsoft company yang banyak di gunakan oleh pengguna computer, di samping Microsoft office word, tolls Microsoft office sangatlah popular untuk di gunakan oleh pekerja, mahasiswa, dosen, dan masih banyak dan berbagai betuk itu kebutuhan. Microsoft office selain popular tools ini sangat stabil dan ringan untuk berbagai spek computer sehingga terus di jadikan sebagai tools untuk berbagai kebutuhan, office word sendiri merupan tools pengolah data berupa huruf/kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, dan lain lain. Di office word kita bias membuat sebuah grafik untuk memudahkan kita dalam membaca suatu laporan atau dokumen. Dengan adanya grafik kita bias lebih cepat dalam membaca dokumen dan laporan. Karena informasi dalam grafik lebis singkat dan mudah untuk di mengeri oleh pembaca.

 












BAB.IV.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar